East Java Super Coridor Kota Malang atau akrab disebut EJSC  Malang sedang punya event kreatif, yakni Pameran Karya Fotografi. Foto yang dipamerkan merupakan karya dari Fotografer yang tergabung dalam Millennial Job Center atau sering disebut MJC. Fotografer ini selanjutnya disebut Talenta MJC

Bagi yang belum Familiar, Millennial Job Center (MJC) merupakan Program pengembangan kompetensi bagi pemuda yang menekankan pada “On The Job Learning” dengan memberikan kesempatan pekerjaan temporer (proyek/tugas) berbayar dari klien dunia usaha atau organisasi

Sementara EJSC berfungsi sebagai penghubung yang bertujuan untuk mengumpulkan talenta kreatif, start up, dan industri kreatif

Event pameran karya ini adalah rangkaian acara dari sinergi Membantu IKM memasuki era Digital yang dicanangkan oleh Disperindag Jatim melalui UPT PMPI Malang dan bersinergi dengan Millennial Job Center (MJC). MJC Selanjutnya berkolaborasi serta didukung penuh oleh EJSC Malang dan Bakorwil III Malang.

Untuk menjaga kualitas karya, Talenta didampingi oleh mentor yang bertugas memberi masukan.

Pelaksanaan program ini diawali dengan menyeleksi dengan ketat IKM potensial yang dinilai butuh bantuan untuk memperbaiki visual produk mereka. Dalam hal ini foto produk. IKM ini kemudian dipertemukan dengan fotografer yang juga diseleksi secara ketat oleh pihak EJSC dan MJC. 

Hasil pemotretan inilah yang kemudian di pamerkan di Lobby Co Working Space EJSC Malang

Dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 18 Desember 2020 ini , 8 Fotografer terpilih untuk memamerkan karyanya. Foto-foto tersebut merupakan produk dari 8 IKM.

Produknya cukup beragam, mulai Woodcraft hingga Produk dari daur ulang.

Menurut Advisor EJSC Malang Andhy Prasetya, atau akrab dipanggil mas Bandi, pameran ini merupakan pameran pertama yang dilakukan oleh EJSC Malang. Diharapkan ini menjadi Langkah awal untuk mengadakan event-event serupa dimasa yang akan datang.

Mas Bandi menambahkan, program ini ditujukan untuk edukasi kepada IKM. Saat ini adalah Era digital. Maka para pelaku IKM harus siap untuk masuk ke ranah digital marketing. Jangan lagi ada UMKM yang masa bodoh atau cuek terhadap tampilan produknya.

Takshow Radio

Dalam live interaktif dengan Radio City Guide 911 FM, Kepala UPT PMPI Malang Ibu Dra. Anggraeni MM, mengaku sangat puas dengan hasil foto yang ditampilkan. Pameran ini merupakan bentuk apresiasi kepada para talenta dan mentor.  Beliau mengharapkan kegiatan ini membuka peluang baru bagi talenta untuk survive di bidang industri kreatif.

Lalu Mahendra, salah satu talenta yang terlibat mengaku cukup bangga karyanya dipamerkan. Dia bersama timnya dari obeecreatives mendapatkan tugas untuk mendesain logo, membuat Katalog produk, Foto produk dan video Promosi. Menurutnya, saat ini pelaku industri kreatif membutuhkan ruang berekspresi sekaligus apresiasi atas karya-karya yang dihasilkan. Karena itu,  pameran ini merupakan Langkah awal yang sangat tepat.

foto : Lalu Mahendra/obeecreatives

Feby, pemilik kerajinan kayu dengan merk Tohucraft dari Kota Batu merasa sangat beruntung produknya terpilih untuk  difoto. “ Apa yang saya dapatkan jauh lebih bagus dari perkiraan saya. Foto produk yang lama kami hapus total dan menggantinya dengan foto dari Talenta. Terimakasih EJSC dan MJC” ujarnya kepada radio City Guide 911fm.

Feby menyebut penjualannya makin meningkat. Segmen pasarnya pun mulai berkembang. Jika sebelumnya lebih banyak melayani pembeli perorangan, kini usahanya mulai merambah pembeli skala besar di Jakarta.

“Kepercayaan diri kami meningkat dengan memiliki katalog dan foto produk yang menarik” Lanjutnya

Ditempat terpisah, mentor fotografi MJC Iwan Nurris yang bertugas mendampingi talenta turut memberi apresiasi. “Hasil karya yang luar biasa dipersembahkan oleh para talenta. Salah satunya mas Lalu. Dari produk yang biasa menjadi istimewa. Mulai pengerjaan Logo, Katalog, foto produk hingga video. Terimakasih atas kerja keras dan kerjasamanya” Pungkas Iwan.

Selamat kepada para photographer yang karyanya di pamerkan. sukses untuk pelaku IKM dan Terimakasih kepada Instansi yang bersinergi dalam kegiatan produktif ini.(LM)

0Shares